STUDY KELAYAKAN BISNIS JASA “NATURE TOUR AND TRAVEL”
STUDY
KELAYAKAN BISNIS JASA
“NATURE TOUR
AND TRAVEL”
Oleh:
Abdurrahim
Adlan Hanafi
Andy
Christian Ginting
Auli Akbar
Grece Savon
Simangunsong
Hamid Arrum
Harahap
MANAJEMEN A
2013
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
T.A 2016/2017
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seiring bertambahnya keinginan masyarakat sekarang ini, wisata menjadi
salah satu keinginan bahkan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat.
Banyaknya masyarakat yang mulai jenuh dengan wisata yang bersifat komersil
ataupun berwisata ditempat yang sudah ramai oleh wisatawan. Sumatera utara
adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi pusat wisata. Beberapa
daerah wisata di Sumatera utara adalah wisata di gugusan pulau Tapanuli
tengah, kawasan danau toba, karo, dan lain-lain.Tapanuli tengah bahkan memiliki
slogan “negeri wisata sejuta pesona”. Namun, belum banyak wisatawan lokal
maupun internasional yang mengetahui keindahan Tapanuli Tengah. Dunia
internasional sendiri telah mengakui keindahan Tapanuli tengah, dengan
terbukti Pulau Mursala yang berada di Tapteng pernah dijadikan sebagai lokasi
syuting film Kingkong yang berlatar air terjun yang langsung jatuh ke laut di
bukit pulau. Selain itu industri film Indonesia juga telah menjadikan pulau
mursala menjadi sebuah film yang berjudul “Mursala”.
Nature tour and travel merupakan usaha jasa yang memberi jasa berupa
pelayanan tour dan travel domestik. Usaha ini bergerak di bidang pariwisata.
Pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat disesuaikan dengan paket dan
fasilitas yang diinginkan konsumen. Fasilitas yang diberikan kepada konsumen
antara lain akomodasi kendaraan (bus, minibus), penginapan di rumah warga.
Usaha ini melayani tour ke beberapa tujuan tempat wisata yang belum banyak di
explore di Sumatera Utara namun mempunyai kearifan lokal dan juga potensi
wisata yang sangat besar, seperti Tapanuli tengah.
Tujuan dari Nature tour and travel ini adalah
memberi kemudahan kepada konsumen yang ingin berwisata, sehingga tidak perlu
susah dan repot untuk mengatur dan memesan akomodasi serta keperluan lainnya
pada saat berwisata.
Motto : “Your Happiness and journey is
our priority”
Visi :
-
Menjadi
perusahaan tour and travel organizer yang terdepan dengan standart pelayanan
terbaik.
Misi :
-
Memberikan layanan pariwisata terbaik dengan harga yang terjangkau dan
pelayanan yang berkualitas.
Tujuan Dalam Membuka Usaha
Nature Tour & Travel ingin memposisikan diri dan turut berpartisipasi
aktif dalam pengembangan Industri Pariwisata. NatureTour & Travel memiliki
komitmen untuk memberikan pelayanan yang handal, dapat dipercaya dan sekaligus
memberikan solusi bagi konsumen dan
masyarakat untuk mengatasi masalah mereka dalam melakukan berbagai kegiatan
perjalanan wisata.
Karakter dari Usaha
Usaha dari Travel Agent ini memiliki karakter jasa, karena kami menjual
pelayanan bukan produk. Mungkin paket wisata bisa disebut produk, tetapi
produk tersebut bisa kita rasakan saat melaksanakan tour dengan layanan dari Travel Agent kami.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Aspek Pasar dan Pemasaran
a.
Target Pasar
Target Pasar utama Nature Tour n Travel adalah turis lokal dan turis asing, baik itu para
pekerja dan mahasiswa.
Segmentasi Pasar yang akan menjadi target kami
adalah semua kalangan masyarakatgolongan menengah ke atas, baik dari
sekolah (study tour), perkantoran , pemerintah, masyarakat biasa maupun
mancanegara.
b.
Situasi Persaingan
Sekarang ini banyak wisatawan asing ataupun lokal yang berkunjung di Sumatera Utara untuk berwisata. Tidak menutup kemungkinan banyak pula travel agent yang
berdiri untuk membantu mereka dalam perjalanannya. Mulai dari harga tiket yang
murah, kreativitas paket wisata serta pelayanan yang prima membuat persaingan
travel agent semakin kuat.
c.
Strategi Pasar
· Produk
Produk usaha ini adalah jasa wisata untuk para konsumen Nature tour and travel. Jasa
wisata tersebut mulai dari akomodasi, konsumsi, hingga kebutuhan lain-lain.
·
Penetapan Harga
Untuk penetapan harga tiket kita
mematok dari perusahaan maskapai ataupun yang lain yang nantinya akan di
jumlah dengan dengan keuntungan yang kami tetapkan. Sedangkan untuk paket
wisata, biasanya berhubungan dengan komponen-kompenen pariwisata seperti akomodasi,
restaurant, dan transportasi , maka kita menggunakan contrack rate dari
masing-masing komponen tersebut , tetapi untuk obyek wisata kita sesuaikan
dengan harga yang real.
·
Promosi
Dalam sebuah usaha
tentu saja harus ada promosi agar laku dalam penjualan, seperti :
1. Membagikan brosur di tempat umum (turistik)
seperti Bandara, tempat wisata, Stasiun Kereta Api, terminal, dan juga
hotel-hotel.
2. Mempromosikan paket-paket liburan ke
instansi-instansi di kota Medan
3. Mempromosikan paket-paket liburan ke
Organisasi-organisasi pemuda/mahasiswa di Kota Medan
4. Melakukan promosi melalui media sosial
·
Tempat (Lokasi Usaha)
Lokasi Travel
Agent kami terletak di daerah Jalan Sisingamangaraja, Medan yang sangat
strategis karena berdekatan dengan beberapa obyek wisata di Medan.
Analisis SWOT:
Berikut adalah analisis dari usaha jasa Nature
Tour and Travel :
a. Kekuatan
Kekuatan dari usaha jasa Tour and Travel :
1.
Yang menjadi
kekuatan jasa Nature tour and travel ini adalah memberikan kepuasan tersendiri
kepada para konsumen karena tujuan wisata yang kami tawarkan bukanlah rtempat
yang banyak dikunjungi oleh orang banyak namun mempenyai potensi pariwisata
yang besar sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.
b.
Kelemahan.
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perjalanan dengan menggunakan
jasa travel agent itu lebih mahal, padahal tidak sepenuhnnya produk yang
diberikan travel agent terbilang mahal, karena trcavek agent kami bekerjasama
dengan komponen pariwisata yang nantinya akan terdapat contrack rate yang
membuat harga bisa lebih murah dari publish rate yang diketahui kebanyakan
orang.
c. Peluang
Peluang dari usaha jasa Tour and Travel:
1.
Peluang dari usaha ini dapat dilihat dari banyaknya pekerja ataupun mahasiswa
yang jenuh dengan rutinitas yang mereka lakukan setiap harinya sehingga Nature
Tour n travel menawarkan sensasi yang berbeda di setiap musim liburan.
2.
Banyaknya destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi oleh orang- orang
sehingga konsumen merasa puas dan menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen
untuk mengunjunginya, sehingga konsumen membutuhkan jasa Nature Tour n
Travel untuk mengantar mereka ke tempat
tersebut.
d. Ancaman
(Threats)
Ancaman yang dimiliki usaha jasa Nature Tour
nTravel :
1.
Kondisi jalan atau cuaca yang kurang baik seperti macet pada jalur darat, menjadikan
ancaman bagi lancarnya program tour karena waktu yang molor dari estimasi yang
sudah ada.
2.
Banyaknya pesaing dan oknum yang merusak harga pasar sehingga para konsumen
tergiur dengan harga yang murah dan pada akhirnya tidak mendapat fasilitas
yang layak.
2.2.
Aspek
Teknis/Operasi
Lokasi dari
Nature tour and travel ini berada di Kota Medan, selain itu calon konsumen juga
bisa menemuinya melalui internet dan juga telepone.
Proses pelaksanaan dari Nature tour and travel ini
adalah dengan mengumpulkan beberapa calon konsumen, khususnya pada musim
liburan atau juga kegiatan dari komunitas, organisasi, maupun perusahaan.
Nature tour and travel akan merincikan biaya dan kegiatan yang dilakukan selama
periode wisata bersama nature and travel.
Hal-hal yang diperhatikan seperti jenis bus yang
akan mengangkut calon konsumen adalah mini bus yang berisi sekitar 20 orang,
jenis wisata yang ditawarkan berkonsep “back to nature” yaitu wisata yang
mengunggulkan alam dan potensi lingkungan serta kearifan lokal masyarakat
setempat.
Pilihan tujuan daerah wisata yang ditawarkan adalah
tempat-tempat wisata di Sumatera Utara seperti Kawasan danau toba, pulau
Mursala, pulau putri, barus, dan tempat wisata lainnyayang mempunyai potensi
wisata dan alam yang sangat indah namun belum banyak dilirik wisatawan, para
calon konsumen dapat melakukan kegiatan wisata seperti trekking, diving,
snorkling, berenang, berkebun dengan masyarakat, keliling danau dengan perahu
nelayan, melihat pembuatan ulos, dan juga mengunjungi tempat-tempat seperti air
terjun, gugusan pulau di Tapanuli tengah, dan lain-lain.
Sumber Daya Manusia
a. Tenaga Kerja Yang
Dibutuhkan
Jumlah tenaga kerja : 6 orang
Keahlian : Manager
, bagian tiket , bagian tour , accounting
b. Kualifikasi Tenaga
kerja
·
Manager/pimpinan :
Pria
Usia maksimal 35 tahun
Pendidikan minimal S1
Mampu memanage usaha dengan baik
·
Tikceter
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Menguasai komputer
Berpenampilan menarik
Mampu berbahasa inggris
·
Tour planner and tour guide
Pria atau wanita
Berdomisili di tempat wisata
Usia maksimal
25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Pengalaman minimal satu tahun
Mampu berbahasa inggris aktif
·
Accounting
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK (akuntansi)
Menguasai komputer
Isi Paket Wisata
Salah satu Isi dari paket wisata yang kami tawarkan adalah :
·
Paket Friendship ke Tapanuli tengah
-
2 hari 3 malam
-
5-10 orang @2.000.000
-
Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah. Pulau
Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll. Serta biaya snorkling,
dokumentasi, dan juga biaya keselamatan
-
Menginap di guest house dengan kritreria kamar
standard, serta kamar mandi di dalam
-
Transportasi menggunakan mini bus (Medan-Tapanuli tengah), mobil selama di tapanuli tengahdan kapal (menuju objek wisata)
-
6 kali makan
·
Paket Family
-
3 hari 3 malam
-
3-5 orang @ Rp3.000.000
- Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah. Pulau
Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll.Serta biaya snorkling,
dokumentasi, dan juga biaya keselamatan.
-
Resort di Sibolga dengan hotel bintang tiga
- Free
Souvenir
-
Transportasi menggunakan mini bus (Medan-Tapanuli tengah), mobil selama di tapanuli tengah dan kapal (menuju objek wisata)
-
10 kali makan
·
Paket Honey Moon
-
4 hari 4 malam
-
2 orang @Rp 5.000.000,00
-
Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah. Pulau
Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll. Serta biaya snorkling,
dokumentasi, dan juga biaya keselamatan.
-
Hotel bintang 4
-
Transportasi menggunakan pesawat lion air (Medan-Sibolga), mobil dan
pembelian tiket kapal cepat (menuju objek wisata)
-
14 kali makan (3 kali candle light dinner)
2.3. Aspek Ekonomi dan Sosial
Pada zaman yang modern ini parisiwisata sudah menjadi
kebutuhan dari masyarakat dunia dan tidak sedikit dari mereka yang memilih
menggunakan jasa Travel Agent untuk mengurus atau menggolahakan perjalanannya. Setiap usaha tentunya mempunyai dampak bagi sekitarnya,
salah satu aspek ekonimi dan sosial dari usaha ini adalah turut andil dalam memposisikan diri dan turut berpartisipasi aktif dalam
pengembangan Industri Pariwisata khususnya di Sumatera Utara.
2.4. Aspek Finansial
Biaya Operasional:
Sewa kantor di Medan Rp
10.000.000
Inventaris Usaha Rp. 5.000.000
Biaya lain-lain Rp.
4.000.000 +
Total Rp.
19.000.000
Modal
Modal awal pemilik Rp. 60.000.000
Laporan L/R
Estimasi dengan paket friendship 5 orang sebanyak 4 kali dalam sebulan
Pendapatan
Pendapatan Rp 10.000.000 @4 Rp.
40.000.000
Biaya
Akomodasi Medan-Sibolga Rp 1.000.000 @8 Rp.
8.000.000
Biaya Penginapan Rp.
3.200.000
Biaya Kapal & dokumentasi Rp. 9.000.000 @4 Rp. 3.600.000
Biaya Makan Rp. 360.000 @4 Rp.
1.440.000
Biaya Snorkling Rp. 200.000 @4 Rp.
800.000
Biaya Gaji Rp.
8.000.000
Biaya lain-lain Rp.
2.000.000 +
Rp.
19.040.000
Laba Kotor Rp. 12.960.000
2.5 Antisipasi Resiko
a. Masalah Yang Mugkin
Dihadapai
·
Terjadinya penundaan atau pembatalan tour
Apabila terjadi bencana alam yang tak terduga otomatis
tour akan ditunda atau dibatalkan mengingat kondisi saat itu. Tentu saja
pelanggan yang telah memesan paket wisata akan komplain bahkan minta ganti
rugi.
·
VOID tiket
Masalah ini akan banyak dialami oleh pekerja pada
bagian tiket, dimana terjadinya kesalahan penulisan pada tiket, baik itu nama
penumpang, jam terbang, kota tujuan atau yang lainnya yang pada akhirnya tiket
tidak bisa digunakan. Tentu saja Ticketer harus mengganti rugi yang senilai
dengan harga tiket tersebut.
·
Persaingan antar Travel Agent lain
Banyaknya Travel Agent yang lebih berkembang daripada
travel kami membuat travel kami sulit untuk mendapatkan pelanggan.
b. Cara Mengatasi
Masalah
·
Membuat perjanjian antara pelanggan dan pihak travel
apabila terjadi
penundaan atau pebatalan tour maupun tiket
·
Harus lebih teliti dan menginformasikan kembali kepada
pelanggan mengenai data-data yang ada pada tiket agar tidak terjadi void tiket.
·
Lebih berkreatif dalam mengembangkan usaha Travel
Agent
BAB III
PENUTUP
Hasil dari uraian proposal diatas
maka dapat disimpulkan bahwa peluang jasa “Nature” Tour And Travel ini baik dari segi ide, sasaran pasar, hingga rencana
finansial memiliki prospek yang baik dunia bisnis dan masa depan.
Dalam memulai suatu usaha pasti tidak terlepas dari
adanya hambatan dan rintangan yang terjadi. Hambatan terbesar yang dialami jasa
tour & travel kami ini adalah lapisan masyarakat Indonesia yang mayoritas
masih menengah ke bawah, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan untuk
berwisata yang mewah. Maka segmen pasar dari usaha jasa ini adalah masyarakat
menengah ke atas. Biasanya mereka memiliki tingkat keinginan dan kemampuan
untuk berwisata yang tinggi.
0 komentar: