STUDY KELAYAKAN BISNIS JASA “NATURE TOUR AND TRAVEL”

17.26 Perindu Surga 0 Comments

STUDY KELAYAKAN BISNIS JASA
“NATURE TOUR AND TRAVEL”

Oleh:


Abdurrahim
Adlan Hanafi
Andy Christian Ginting
Auli Akbar
Grece Savon Simangunsong
Hamid Arrum Harahap



MANAJEMEN A 2013
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
T.A 2016/2017
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seiring bertambahnya keinginan masyarakat sekarang ini, wisata menjadi salah satu keinginan bahkan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Banyaknya masyarakat yang mulai jenuh dengan wisata yang bersifat komersil ataupun berwisata ditempat yang sudah ramai oleh wisatawan. Sumatera utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi pusat wisata. Beberapa daerah wisata di Sumatera utara adalah wisata di gugusan pulau Tapanuli tengah, kawasan danau toba, karo, dan lain-lain.Tapanuli tengah bahkan memiliki slogan “negeri wisata sejuta pesona”. Namun, belum banyak wisatawan lokal maupun internasional yang mengetahui keindahan Tapanuli Tengah. Dunia internasional sendiri telah mengakui keindahan Tapanuli tengah, dengan terbukti Pulau Mursala yang berada di Tapteng pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Kingkong yang berlatar air terjun yang langsung jatuh ke laut di bukit pulau. Selain itu industri film Indonesia juga telah menjadikan pulau mursala menjadi sebuah film yang berjudul “Mursala”.
Nature tour and travel merupakan usaha jasa yang memberi jasa berupa pelayanan tour dan travel domestik. Usaha ini bergerak di bidang pariwisata. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat disesuaikan dengan paket dan fasilitas yang diinginkan konsumen. Fasilitas yang diberikan kepada konsumen antara lain akomodasi kendaraan (bus, minibus), penginapan di rumah warga. Usaha ini melayani tour ke beberapa tujuan tempat wisata yang belum banyak di explore di Sumatera Utara namun mempunyai kearifan lokal dan juga potensi wisata yang sangat besar, seperti Tapanuli tengah. 
Tujuan dari Nature tour and travel ini adalah memberi kemudahan kepada konsumen yang ingin berwisata, sehingga tidak perlu susah dan repot untuk mengatur dan memesan akomodasi serta keperluan lainnya pada saat berwisata.

Motto  : “Your Happiness and journey is our priority”                                               



Visi :
-          Menjadi perusahaan tour and travel organizer yang terdepan dengan standart pelayanan terbaik.
Misi :
-  Memberikan layanan pariwisata terbaik dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang berkualitas.

Tujuan Dalam Membuka Usaha
Nature Tour & Travel ingin memposisikan diri dan turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Industri Pariwisata. NatureTour & Travel memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang handal, dapat dipercaya dan sekaligus memberikan solusi bagi  konsumen dan masyarakat untuk mengatasi masalah mereka dalam melakukan berbagai kegiatan perjalanan wisata.

Karakter dari Usaha
Usaha dari Travel Agent ini memiliki karakter jasa, karena kami menjual pelayanan bukan produk. Mungkin paket wisata bisa disebut produk, tetapi produk tersebut bisa kita rasakan saat melaksanakan tour dengan layanan dari Travel Agent kami.














BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Aspek Pasar dan Pemasaran
a.      Target Pasar
Target Pasar utama Nature Tour n Travel adalah turis lokal dan turis asing, baik itu para pekerja dan mahasiswa.

Segmentasi Pasar yang akan menjadi target kami adalah semua kalangan masyarakatgolongan menengah ke atas, baik dari sekolah (study tour), perkantoran , pemerintah, masyarakat biasa maupun mancanegara.

b.      Situasi Persaingan
Sekarang ini banyak wisatawan asing ataupun lokal yang berkunjung di Sumatera Utara untuk berwisata. Tidak menutup kemungkinan banyak pula travel agent yang berdiri untuk membantu mereka dalam perjalanannya. Mulai dari harga tiket yang murah, kreativitas paket wisata serta pelayanan yang prima membuat persaingan travel agent semakin kuat.

c.       Strategi Pasar
·      Produk
Produk usaha ini adalah jasa wisata untuk para konsumen Nature tour and travel. Jasa wisata tersebut mulai dari akomodasi, konsumsi, hingga kebutuhan lain-lain.
·         Penetapan Harga
Untuk penetapan harga tiket kita mematok dari perusahaan maskapai ataupun yang lain yang nantinya akan di jumlah dengan dengan keuntungan yang kami tetapkan. Sedangkan untuk paket wisata, biasanya berhubungan dengan komponen-kompenen pariwisata seperti akomodasi, restaurant, dan transportasi , maka kita menggunakan contrack rate dari masing-masing komponen tersebut , tetapi untuk obyek wisata kita sesuaikan dengan harga yang real.




·         Promosi
Dalam sebuah usaha tentu saja harus ada promosi agar laku dalam penjualan, seperti :
1.      Membagikan brosur di tempat umum (turistik) seperti Bandara, tempat wisata, Stasiun Kereta Api, terminal, dan juga hotel-hotel.
2.      Mempromosikan paket-paket liburan ke instansi-instansi di kota Medan
3.      Mempromosikan paket-paket liburan ke Organisasi-organisasi pemuda/mahasiswa di Kota Medan
4.      Melakukan promosi melalui media sosial

·         Tempat (Lokasi Usaha)
Lokasi Travel Agent kami terletak di daerah Jalan Sisingamangaraja, Medan yang sangat strategis karena berdekatan dengan beberapa obyek wisata di Medan.

Analisis SWOT:
Berikut adalah analisis dari usaha jasa Nature Tour and Travel  :
a.      Kekuatan
Kekuatan dari usaha jasa Tour and Travel :
1.            Yang menjadi kekuatan jasa Nature tour and travel ini adalah memberikan kepuasan tersendiri kepada para konsumen karena tujuan wisata yang kami tawarkan bukanlah rtempat yang banyak dikunjungi oleh orang banyak namun mempenyai potensi pariwisata yang besar sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.

b.      Kelemahan.
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perjalanan dengan menggunakan jasa travel agent itu lebih mahal, padahal tidak sepenuhnnya produk yang diberikan travel agent terbilang mahal, karena trcavek agent kami bekerjasama dengan komponen pariwisata yang nantinya akan terdapat contrack rate yang membuat harga bisa lebih murah dari publish rate yang diketahui kebanyakan orang.




c.       Peluang
Peluang dari usaha jasa Tour and Travel:
1.      Peluang dari usaha ini dapat dilihat dari banyaknya pekerja ataupun mahasiswa yang jenuh dengan rutinitas yang mereka lakukan setiap harinya sehingga Nature Tour n travel menawarkan sensasi yang berbeda di setiap musim liburan.
2.      Banyaknya destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi oleh orang- orang sehingga konsumen merasa puas dan menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen untuk mengunjunginya, sehingga konsumen membutuhkan jasa Nature Tour n Travel  untuk mengantar mereka ke tempat tersebut.

d.      Ancaman (Threats)
Ancaman yang dimiliki usaha jasa Nature Tour nTravel :
1.      Kondisi jalan atau cuaca yang kurang baik seperti macet pada jalur darat, menjadikan ancaman bagi lancarnya program tour karena waktu yang molor dari estimasi yang sudah ada.
2.      Banyaknya pesaing dan oknum yang merusak harga pasar sehingga para konsumen tergiur dengan harga yang murah dan pada akhirnya tidak mendapat fasilitas yang layak.

2.2.        Aspek Teknis/Operasi
Lokasi dari Nature tour and travel ini berada di Kota Medan, selain itu calon konsumen juga bisa menemuinya melalui internet dan juga telepone. 
Proses pelaksanaan dari Nature tour and travel ini adalah dengan mengumpulkan beberapa calon konsumen, khususnya pada musim liburan atau juga kegiatan dari komunitas, organisasi, maupun perusahaan. Nature tour and travel akan merincikan biaya dan kegiatan yang dilakukan selama periode wisata bersama nature and travel.
Hal-hal yang diperhatikan seperti jenis bus yang akan mengangkut calon konsumen adalah mini bus yang berisi sekitar 20 orang, jenis wisata yang ditawarkan berkonsep “back to nature” yaitu wisata yang mengunggulkan alam dan potensi lingkungan serta kearifan lokal masyarakat setempat.
Pilihan tujuan daerah wisata yang ditawarkan adalah tempat-tempat wisata di Sumatera Utara seperti Kawasan danau toba, pulau Mursala, pulau putri, barus, dan tempat wisata lainnyayang mempunyai potensi wisata dan alam yang sangat indah namun belum banyak dilirik wisatawan, para calon konsumen dapat melakukan kegiatan wisata seperti trekking, diving, snorkling, berenang, berkebun dengan masyarakat, keliling danau dengan perahu nelayan, melihat pembuatan ulos, dan juga mengunjungi tempat-tempat seperti air terjun, gugusan pulau di Tapanuli tengah, dan lain-lain.

Sumber Daya Manusia

a.      Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan
Jumlah tenaga kerja     : 6 orang
Keahlian                      : Manager , bagian tiket , bagian tour , accounting

b.      Kualifikasi Tenaga kerja
·         Manager/pimpinan :
Pria
Usia maksimal 35 tahun
Pendidikan minimal S1
Mampu memanage usaha dengan baik

·         Tikceter
Wanita
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Menguasai komputer
Berpenampilan menarik
Mampu berbahasa inggris      
           
·         Tour planner and tour guide
Pria atau wanita
Berdomisili di tempat wisata
Usia maksimal  25 tahun
Pendidikan minimal SMK atau sederajad
Ahli dalam bidangnya
Pengalaman minimal satu tahun
Mampu berbahasa inggris aktif

·         Accounting
Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal SMK (akuntansi)
Menguasai komputer
           
Isi Paket Wisata
Salah satu Isi dari paket wisata yang kami tawarkan adalah :
·         Paket Friendship ke Tapanuli tengah
-          2 hari 3 malam
-          5-10 orang @2.000.000
-          Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah.  Pulau Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll. Serta biaya snorkling, dokumentasi, dan juga biaya keselamatan
-          Menginap di guest house dengan kritreria kamar standard, serta kamar mandi di dalam
-          Transportasi menggunakan mini bus (Medan-Tapanuli tengah), mobil selama di tapanuli tengahdan kapal  (menuju objek wisata)
-          6 kali makan

·         Paket Family
-          3 hari 3 malam
-          3-5 orang @ Rp3.000.000
-         Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah.  Pulau Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll.Serta biaya snorkling, dokumentasi, dan juga biaya keselamatan.
-          Resort di Sibolga dengan hotel bintang tiga
-     Free Souvenir 
-          Transportasi menggunakan mini bus (Medan-Tapanuli tengah), mobil selama di tapanuli tengah dan kapal  (menuju objek wisata)
-          10 kali makan

·         Paket Honey Moon
-          4 hari 4 malam
-          2 orang @Rp 5.000.000,00
-          Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata di Tapanuli Tengah.  Pulau Mursala, Pulau Putri, Pulau Bakkar, Pulau Poncan, dll. Serta biaya snorkling, dokumentasi, dan juga biaya keselamatan.
-          Hotel bintang 4
-          Transportasi menggunakan pesawat lion air (Medan-Sibolga), mobil dan pembelian tiket kapal cepat (menuju objek wisata)
-          14 kali makan (3 kali candle light dinner)

2.3.  Aspek Ekonomi dan Sosial
Pada zaman yang modern ini parisiwisata sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat dunia dan tidak sedikit dari mereka yang memilih menggunakan jasa Travel Agent untuk mengurus atau menggolahakan perjalanannya. Setiap usaha tentunya mempunyai dampak bagi sekitarnya, salah satu aspek ekonimi dan sosial dari usaha ini adalah turut andil dalam memposisikan diri dan turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Industri Pariwisata khususnya di Sumatera Utara.










2.4.  Aspek Finansial

Biaya Operasional:
Sewa kantor di Medan                        Rp 10.000.000
Inventaris Usaha                                 Rp. 5.000.000
Biaya lain-lain                                     Rp. 4.000.000 +
Total                                                    Rp. 19.000.000

Modal
Modal awal pemilik                            Rp.  60.000.000

Laporan L/R
Estimasi dengan paket friendship 5 orang sebanyak 4 kali dalam sebulan

Pendapatan
Pendapatan Rp 10.000.000 @4                                  Rp. 40.000.000

Biaya
Akomodasi Medan-Sibolga Rp 1.000.000 @8           Rp. 8.000.000
Biaya Penginapan                                                       Rp. 3.200.000
Biaya Kapal & dokumentasi Rp. 9.000.000 @4        Rp. 3.600.000
Biaya Makan Rp. 360.000 @4                                   Rp. 1.440.000                        
Biaya Snorkling Rp. 200.000 @4                               Rp. 800.000
Biaya Gaji                                                                   Rp. 8.000.000
Biaya lain-lain                                                             Rp. 2.000.000 +
                                                                                    Rp. 19.040.000
Laba Kotor                                                                Rp. 12.960.000




2.5 Antisipasi Resiko
a.      Masalah Yang Mugkin Dihadapai

·         Terjadinya penundaan atau pembatalan tour
Apabila terjadi bencana alam yang tak terduga otomatis tour akan ditunda atau dibatalkan mengingat kondisi saat itu. Tentu saja pelanggan yang telah memesan paket wisata akan komplain bahkan minta ganti rugi.

·         VOID tiket
Masalah ini akan banyak dialami oleh pekerja pada bagian tiket, dimana terjadinya kesalahan penulisan pada tiket, baik itu nama penumpang, jam terbang, kota tujuan atau yang lainnya yang pada akhirnya tiket tidak bisa digunakan. Tentu saja Ticketer harus mengganti rugi yang senilai dengan harga tiket tersebut.

·         Persaingan antar Travel Agent lain
Banyaknya Travel Agent yang lebih berkembang daripada travel kami membuat travel kami sulit untuk mendapatkan pelanggan.

b.      Cara Mengatasi Masalah

·         Membuat perjanjian antara pelanggan dan pihak travel apabila terjadi
penundaan atau pebatalan tour maupun tiket

·         Harus lebih teliti dan menginformasikan kembali kepada pelanggan mengenai data-data yang ada pada tiket agar tidak terjadi void tiket.

·         Lebih berkreatif dalam mengembangkan usaha Travel Agent




BAB III
PENUTUP


Hasil dari uraian proposal diatas maka dapat disimpulkan bahwa peluang jasa “Nature” Tour And Travel ini baik dari segi ide, sasaran pasar, hingga rencana finansial memiliki prospek yang baik dunia bisnis dan masa depan.
Dalam memulai suatu usaha pasti tidak terlepas dari adanya hambatan dan rintangan yang terjadi. Hambatan terbesar yang dialami jasa tour & travel kami ini adalah lapisan masyarakat Indonesia yang mayoritas masih menengah ke bawah, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan untuk berwisata yang mewah. Maka segmen pasar dari usaha jasa ini adalah masyarakat menengah ke atas. Biasanya mereka memiliki tingkat keinginan dan kemampuan untuk berwisata yang tinggi.





0 komentar: